Guru Sejarah SMA Negeri 1 Dander Peringkat 1 LKTI Se-Jawa Timur

Posted by on Mar 07, 2017 | Leave a Comment

WhatsApp Image 2017-03-06 at 07.59.10Provinsi Jawa Timur, melalui Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan pada hari Rabu – Jumta, tanggal 1 – 3 Maret 2017 melaksanakan kegiatan Lawatan Sejarah Tingkat Provinsi Tahun 2017. Kegiatan ini rutin dilaksanakan DInas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur tiap tahun. Dengan tujuan menjaring Guru dan Siswa berprestasi se provinsi Jawa Timur. Seperti yang diutarakan oleh Bapak I Gede Ariawan selaku ketua Panitia menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh total 80 peserta dengan 52 peserta siswa dan 28 peserta guru dari kabupaten/kota se -provinsi Jawa Timur. Masing-masing peserta diwajibkan membuat karya tulis ilmiah untuk dilombakan. Tema sudah ditentukan oleh panitia kegiatan. Untuk guru tema kegiatan adalah Dinamika Kota-kota di Jawa Timur sedang untuk siswa adalah Sejarah Kotaku. Dari hasil karya tulis ilmiah yang disampaikan oleh peserta akan dipilih 27 siswa dan 5 guru untuk diikutkan di tingkat lebih tinggi lagi yakni regional.

Dalam kesempatan kegiatan ini, Ibu Endang Prasanti selaku kepala Bidang Kesejarahan dan kebudayaan menyampaikan, bahwa karya tulis yng dibuat peserta harus memenuhi kaidah keilmuan dan ada syarat khusus yaitu peserta dilarang menggunakan referensi dari internet. Kegiatan Lawatan sejarah di hari pertama diisi dengan pre tes dan materi yang disampaikan oleh ahli yang membidanginya diantaranya Bapak DR. Purnawan Basundoro dari UNAIR, Bapak DR. Reza Hudianto, dan Ibu DR. Umi Dayati. Pada hari kedua peserta diajak melakukan jelajah situs sejarah di wilayh Malang Raya diantaranya di Hotel Niagara di Lawang, Makam Dinger di Batu, di SMAN 3  Kota Malang sebagai sekolah peninggalan bangunan kolonial, dan di Balai Kota Malang. Selanjutnya di malam harinya siswa melakukan presentasi karya tulis ilmiahnya dihadapan juri dan peserta.

WhatsApp Image 2017-03-03 at 09.50.00Di hari ketiga peserta melakukan post tes sebagai rangkaian kegiatan terakhir juga diumumkan peserta yang berhak lolos ke tingkat regional. Pada kesempatan ini guru Sejarah SMA Negeri 1 Dander atas nama Achmad Satria Utama, S.Pd wakil kabupaten Bojonegoro berhasil meraih peringkat pertama dalam pembuatan karya tulis ilmiah. Diikuti juga siswa atas nama M. Fajar Yulia Fahmi juga berhak lolos ke tingkat regional. Alhamdulillah, saya merasa bangga bisa meraih peringkat pertama dan bisa membawa nama Kabupaten Bojonegoro bisa berprestasi di tingkat provinsi khususnya SMA Negeri 1 Dander, seperti yang disampaikan oleh Bapak Achmad Satria Utama.

Leave a comment

Langganan Berita

Masukan Email Untuk Berlangganan Artikel Dan Berita Terbaru.

Facebook Smansada